1.) Buatlah algoritma untuk mmenentukan nilai
terbesar dari bilangan bulaat yang dibaca dari keyboard dan menuliskann
hasilnya ke layar! ALgoritma dibuat dallaam bentuk kalimat deskriptif,
pseudocode dann flowchart ?
2.) Buat algoritma dalam baahhasa deskriptif dan
flowchart untuk kegiattaan mengambil dan menabung uang di bank mmelalui teller
?
3.) Membuat flowchart untukk proses pembuatan kopi yang rasa manisnya tepat ?
4.) Apakah yang di maksudnya dengan :
- Algoritma
- Flowchart
- Program
5.) Bahasa pemrograman dan algoritma berhubungan
sangat eratpada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur
datayang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, demikian
jugasebaliknya. Jika dihubungkan dengan program, maka pembuatan algoritma harus
memperhatikan kaidah ?
B. Soal
Praktikum Program Java
1.) Buatlah Program dengan Java yang menghasilkan
deret bilangan genap, ganjil, dan prima dengan batas atas atas dan batas bawah
yang diperoleh dari input user. Dengan menggunakan perulangan kita bisa mencari
deret bilangan ganjil, genap, dan bilangan prima?
2.) Apa Output dari Program ini ?
public class DemoWhile {
public static void main(String args[]) {
int n = 10;
while(n > 0) {
System.out.println("tik " + n);
n--;
}
}
}
3.) Buatlah program barang dengan menggunakan perintah
Switch Case dengan ketentuan :
a. Saat
anda mengetik angka 1 maka akan tampil “Alat Olah Raga”
b. Saat anda
mengetik angka 2 maka akan tampil “Alat Elektronik”
c. Saat
anda mengetik angka 3 maka akan tampil “Alat Masak”
d. Selain itu
akan tampil pesan “Anda Salah Memasukkan Kode”
Jawaban No.1
1.
Kalimat deskriptif
a. Masukkan bilangan bulat
pertama
b. Masukkan bilangan bulat kedua
c. Apabila bilangan pertama
lebih besar dari bilangan bulat kedua, maka tampilkan bilangan pertama
d. Apabila tidak, tampilkan bilangan
bulat kedua
2.
· Pseudecode
a. Input (a,b)
b. If a>b, print a
c. Else print b
3.
· Flowchart
Jawaban No. 2:
Deskripsi
1. Ingin menabung.
2. Ambil nomer antrian.
3. Ambil slip setoran,
isi data dengan benar.
4. Tentukan jumlah uang.
5. Pergi ke teller.
6. Berikan slip dan buku tabungan.
7. Berikan uang.
8. Terima buku tabungan.
Jawaban No. 3
Jawaban No. 4
a. Algoritma adalah
langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk
menyelesaikan suatu masalah.
b. Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan
simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan
hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu
program.
c.
Program
adalah merupakan kata, ekespresi, atau pernyataan yang disusun dan dirangkai
menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan
masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga
dapat dieksekusi oleh komputer.
Jawaban No. 5
Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan
metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Program ditulis
dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa disebut bahwa program adalah
suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Beberapa pakar memberi formula
bahwa :
Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)
Bagaimanapun juga struktur data dan algoritma
berhubungan sangat erat pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa
pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang baik,
demikian juga sebaliknya.
Bilangan Ganjil dan Genap
import
java.util.Scanner;
public
class Menentukan_bilangan_ganjil_genap {
public static void main(String[] args) {
Scanner input=new Scanner(System.in);
int bil;
System.out.println("PROGRAM
MENENTUKAN BILANGAN HANJIL & GENAP");
System.out.println("-------------------------------------------------");
System.out.print("Masukan Bilangan
= ");
bil=input.nextInt();
if (bil%2==0){
System.out.println("Bilangan
"+bil+" adalah bilangan genap");
}else {
System.out.println("Bilangan
"+bil+" adalah bilangan ganjil");
}
}
}
Bilangan Prima
import
java.util.Scanner;
public
class Menampilkan_bilangan_prima {
public static void main(String args[])
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
int bil, awal, akhir;
System.out.println("PROGRAM JAVA
MENAMPILKAN DERET BILANGAN PRIMA");
System.out.print("Mulai dari :
");
awal=input.nextInt();
System.out.print("Sampai :
");
akhir=input.nextInt();
System.out.println("----------------------------------------------");
for (int i=awal; i<=akhir; i++){
bil=0;
for (int j=1;j<=i;j++){
if (i%j==0){
bil=bil+1;
}
}
if (bil==2){
System.out.print(i+"
");
}
}
Program Switch Case
import
java.util.*;
class
ProgramSwitchCase
{
public
static void main(String[] args)
{
int
kode;
String
nmbarang;
Scanner
input = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan
Kode Barang [1...3] : ");
kode =
input.nextInt();
switch(kode)
{
case 1
:
nmbarang
= "Alat Olah Raga";
break;
case 2
:
nmbarang
= "Alat Elelktronik";
break;
case 3
:
nmbarang
= "Alat Masak";
break;
default:
nmbarang
= "Anda Salah Memasukan Kode";
break;
}
System.out.println("\nKode
yang anda Pilih : " + nmbarang);
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar