Senin, 22 Agustus 2022

Contoh studi Kasus Inovasi Produk Basreng Mata kuliah Bisnis Sistem Informasi

 


A.     LATAR BELAKANG

 

Produk cemilan ini sangat disukai dikalangan masyarakat terutama pada kalangan anak muda . Cemilan yang sangat mudah dan dapat ditemukan dimana saja dapat dijadikan makanan alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi makanan sementara. Sebab dalam perkembangan zaman dan tingkat kesibukan manusia yang terus meningkat, makanan cemilan menjadi sangat cepat berkembang.

 

Namun dalam perkembangan zaman ini, masyarakat mulai berhati-hati dalam membeli makanan sebab banyak makanan yang sudah banyak mengandung bahan berbahaya. Oleh karena itu, saya berwirausaha makanan yang aman dikonsumsi, higienis, dan murah.

 

Basreng Tiga saudara” adalah pilihan cemilan yang cocok dikonsumsi bagi pecinta makanan pedas. Sebagai makanan ringan, cemilan ini sangat bagus dan layak dikembangkan sebagai usaha yang menguntungkan. Potensi yang dihasilkan sangat layak sebab makanan pedas adalah makana favorit orang Indonesia. Basreng sendiri adalah makanan yang berasal dari Jawa Barat, dimana masyarakatnya sangat menyukai makanan pedas dan asin.

 

A.     PROFIL

Nama usaha       : Basreng Tiga Saudara

Produk                 : Basreng pedas manis, asin

Jenis usaha         : Makanan Ringan ( Cemilan )

Alamat                 : Ciledug indah 2 No. 78

Pemilik                : Ines Mahvida

B.     Strategi Pasar

1.      SEGMENTING

 

Produk ini direncanakan akan dipasarkan Secara Offline maupun Online dipusat jajanan di Ciledug , namun saat ini saya pasarkan dahulu melalu Teman terdekat,keluarga dan melalui Akun Merchant seperti shopee , dan media sosial seperti Instagram.

 

2.      TARGETING

Saya ingin menjadikan usasha produk BASRENG TIGA SAUDARA dikalangan semua masyarakat dan semua kalangan umur . Namun saya akan lebih terfokus memasarkan Produk ini ke Kalangan anak muda dikarenakan anak muda akan sangat menyukai Produk ini . namun tetap saya akan menawarkan produk ini ke seluruh masyarakat di Indonesia.

3.      Inovasi Produk

·        Menambah menu dengan cita rasa Lidah masyarakat Indonesia seperti Menaruh menu baru seperti Varian rasa Rendang,Sambal Matah yang biasa diminati oleh Cita rasa Indonesia.

·        Melakukan penjualan bukan hanya  dari offline saja tapi melakukan penjualan melalui online sperti Ecommerce dan Marketplace untuk membantu penjualan meningkatkan efektifitas Promosi

·        Melakukan penawaran produk kepada pelanggan baru dan bisa mengirimnya langsung ke alamat rumah tanpa harus antri.

·        Membuka Outle Offline untuk mempermudah pelanggan menemukan toko.

·        Mengembangkan ide dan inovasi baru terhadap produk yang sudah ada di daerah lain namun belum banyak ditemui di daerah yang akan saya jadikan tempat berbisnis. Tuangkan ide tesebut kedalam tulisan, lalu aplikasikan menjadi sebuah produk baru.

 

 

C.      ANALISIS KELAYAKAN USAHA

1.      Kekuatan

·        Mempunyai Cita rasa yang berbeda dengan penjual lainya .

·        Menjual produk yang higienis , terjamin, aman , dan unggul.

·        Menjual produk yang cocok untuk kalangan cita rasa Masyarakat Indonesia.

2.      Kelemahan

·        Bahan – bahan produk yang mudah cepat basi.

·        Masih terkendala modal.

·        Produk sudah banyak yang menjual.

3.      Peluang

·        Produk dapat dijual dengan harga yang terjangkau.

·        Produk dibuat berbagai varian rasaa dan mempunyai level kepedasan.

4.      Ancaman ( Threat )

·        Pesaing menjual produk dengan harga yang lebih murah.

·        Pesaing menjual prdouk yang serupa .

·        Pesaing menggunakan cara yang tidak sehat untuk bersaing.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal Microsoft Office

  Membuat 10 soal dan jawaban     1.        Jelaskan pengertaian Microsoft office ? Jawaban : Aplikasi perangkat lunak yang dimanfa...