A.
LATAR BELAKANG
Produk cemilan ini sangat disukai
dikalangan masyarakat terutama pada kalangan anak muda . Cemilan yang sangat
mudah dan dapat ditemukan dimana saja dapat dijadikan makanan alternatif untuk
memenuhi kebutuhan energi makanan sementara. Sebab dalam perkembangan zaman dan
tingkat kesibukan manusia yang terus meningkat, makanan cemilan menjadi sangat
cepat berkembang.
Namun dalam perkembangan zaman ini,
masyarakat mulai berhati-hati dalam membeli makanan sebab banyak makanan yang
sudah banyak mengandung bahan berbahaya. Oleh karena itu, saya berwirausaha
makanan yang aman dikonsumsi, higienis, dan murah.
“Basreng Tiga saudara” adalah pilihan
cemilan yang cocok dikonsumsi bagi pecinta makanan pedas. Sebagai makanan
ringan, cemilan ini sangat bagus dan layak dikembangkan sebagai usaha yang
menguntungkan. Potensi yang dihasilkan sangat layak sebab makanan pedas adalah
makana favorit orang Indonesia. Basreng sendiri adalah makanan yang berasal
dari Jawa Barat, dimana masyarakatnya sangat menyukai makanan pedas dan asin.
A.
PROFIL
Nama usaha :
Basreng Tiga Saudara
Produk :
Basreng pedas manis, asin
Jenis usaha : Makanan Ringan ( Cemilan )
Alamat :
Ciledug indah 2 No. 78
Pemilik :
Ines Mahvida
B.
Strategi Pasar
1.
SEGMENTING
Produk ini direncanakan akan dipasarkan Secara Offline maupun Online
dipusat jajanan di Ciledug , namun saat ini saya pasarkan dahulu melalu Teman
terdekat,keluarga dan melalui Akun Merchant seperti shopee , dan media sosial
seperti Instagram.
2.
TARGETING
Saya ingin menjadikan usasha produk BASRENG TIGA SAUDARA dikalangan semua
masyarakat dan semua kalangan umur . Namun saya akan lebih terfokus memasarkan
Produk ini ke Kalangan anak muda dikarenakan anak muda akan sangat menyukai
Produk ini . namun tetap saya akan menawarkan produk ini ke seluruh masyarakat
di Indonesia.
3.
Inovasi Produk
·
Menambah menu dengan cita rasa Lidah masyarakat
Indonesia seperti Menaruh menu baru seperti Varian rasa Rendang,Sambal Matah
yang biasa diminati oleh Cita rasa Indonesia.
·
Melakukan penjualan bukan hanya dari offline saja tapi melakukan penjualan melalui
online sperti Ecommerce dan Marketplace untuk membantu penjualan meningkatkan
efektifitas Promosi
·
Melakukan penawaran produk kepada pelanggan baru
dan bisa mengirimnya langsung ke alamat rumah tanpa harus antri.
·
Membuka Outle Offline untuk mempermudah
pelanggan menemukan toko.
·
Mengembangkan ide dan inovasi baru terhadap
produk yang sudah ada di daerah lain namun belum banyak ditemui di daerah yang
akan saya jadikan tempat berbisnis. Tuangkan ide tesebut kedalam tulisan, lalu
aplikasikan menjadi sebuah produk baru.
C.
ANALISIS KELAYAKAN USAHA
1.
Kekuatan
·
Mempunyai Cita rasa yang berbeda dengan penjual
lainya .
·
Menjual produk yang higienis , terjamin, aman ,
dan unggul.
·
Menjual produk yang cocok untuk kalangan cita
rasa Masyarakat Indonesia.
2.
Kelemahan
·
Bahan – bahan produk yang mudah cepat basi.
·
Masih terkendala modal.
·
Produk sudah banyak yang menjual.
3.
Peluang
·
Produk dapat dijual dengan harga yang
terjangkau.
·
Produk dibuat berbagai varian rasaa dan
mempunyai level kepedasan.
4.
Ancaman ( Threat )
·
Pesaing menjual produk dengan harga yang lebih
murah.
·
Pesaing menjual prdouk yang serupa .
·
Pesaing menggunakan cara yang tidak sehat untuk
bersaing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar